Ads Right Header

Buy template blogger

Pencegahan Covid 19 di Desa Gembuk ini layak untuk dicontoh desa lain



Lensakota.com--Bertujuan untuk pencegahan penyebaran COVID - 19, Salah satu Desa Kabupaten Pacitan mendirikan posko di setiap perbatasan wilayah. 16/04/2020. Desa Gembuk Kecamatan Kebonagung merupakan wilayah desa yang secara geografis memiliki kontur pegunungan dan  warganya sebagian  bekerja di luar wilayah Desa, baik dibeberapa kota di Pulau Jawa  hingga luar pulau Jawa bahkan ada juga yang di luar negeri. 

Untuk mengantisipasi penyebaran covid 19 akibat kepulangan warganya dari luar desa dan juga pendatang yang memasuki Desa Gembuk, maka pemerintah Desa Gembuk yang dinakhkodai Nugroho Eko Prabowo ini mendirikan posko pencegahan Covid 19 di beberapa pintu masuk desa. Pendirian posko ini salah satu bentuk pemantauan pendatang dari luar daerah, dan edukasi dini agar mereka  melakukan isolasi diri dirumah maupun tempat yang disediakan oleh Desa dalam waktu 14 hari hingga waktu belum bisa ditentukan.

Hal senada, disampaikan oleh  perangkat Desa  Gembuk  Endra Gunawan, "Pemerintah Desa selalu memberikan edukasi kepada warganya agar masyarakat melakukan  cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, tidak boleh keluar rumah kecuali ada kepentingan yang sangat mendesak dan memakai masker saat berpergian. Bahkan budaya untuk cuci tangan dan menyediakan tempat cuci tangan didepan rumah. ini sudah dilakukan sebulum ada wabah virus corona ini" jelasnya.



Salah satu ajakan dan himbauan yang menarik dari Desa Gembuk ini,  terpampang di banner setiap posko yang merupakan himbauan dari  Desa, "wektu - wektu iki ora usah ning pacitan disik, ayo ngarit, apek rambanan, ngglendeng, tapi ojo mbok dol disik ning ngedol yen wes bar social distancing" 

Sementara itu, Posko Pencegahan Covid 19 didirikan  sebanyak 7 titik disetiap pintu masuk Desa. yang bertempat di dusun Ngelo, dusun Krajan, dusun Sonorejo, dan dua (2) lainnya  di dusun Sriten, dusun Salak dan dusun Mando yang merupakan perbatasan wilayah dan akses keluar masuk dari desa lain.
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4