Ads Right Header

Buy template blogger

Persembahkan Film Perjuangan, Karang Taruna Kabupaten Pacitan Ajak Generasi Muda Pupuk Nasionalisme

Pemeran Satrio membawa bendera untuk di kibarkan saat detik-detik Proklamasi (Foto oleh ACM Kampung Film)

Lensakota.com, PACITAN - Bertepatan dengan 75 tahun kemerdekaan Indonesia, Karang Taruna Kabupaten Pacitan meluncurkan sebuah film. Film ini sebagai kado untuk Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaannya. Film yang diberikan judul  “Jam 10” ini mengangkat tema perjuangan dan nasionalisme.

 

Pada saat peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia kemarin (17/08), film ini resmi dirilis. Film ini mengambil Desa Jeruk, Kecamatan Bandar sebagai latarnya. Film ini melibatkan Pengurus karang Taruna Kabupaten Pacitan, Kepala Dusun Watukudi, serta pemuda Desa Jeruk sebagai pemerannya.


Film ini menceritakan tentang kegelisahan seorang kakek tentang rasa nasionalisme masyarakat sekarang ini, yang kemudian cucunya bergerak untuk tepat waktu jam 10 mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung. Tanpa sadar, masyarakat yg awalnya tidak menghiraukan tergugah.


Film yang berdurasi 19 menit ini menyampaikan kepada masyarakat, betapa sakralnya jam 10.00 tanggal 17 Agustus 1945, waktu dimana bendera merah putih dikibarkan pertama kalinya untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia Merdeka.


Dalam penjelasannya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pacitan mengajak generasi muda untuk selalu berjuang dan menghargai jasa para pahlawan.

“Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda. Sebagai generasi muda sudah menjadi kewajiban kita untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah, jelas Mulyadi.


Mulyadi juga menambahkan bahwa generasi muda dapat mengisi kemerdekaan melalui pengabdian masyarakat, mendukung perkembangan karya dan kreatifitas produk dalam negeri, menunjukkan prestasi dalam pendidikanya, ikut terlibat dalam memajukan berbagai sektor, ikut serta menjaga dan mengenalkan kebudayaan lokal, saling menghormati, menghargai dan berbagi (Red).

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4