Ads Right Header

Buy template blogger

Meguru Penyu, Core Team Kabupaten Pacitan Kampanyekan Peduli Lingkungan pada Hari Bersih Sedunia Tahun 2020

Doni Wijanarko, Ketua Core Team Pacitan memberikan pengarahan kepada Peserta Word Clean Day (WCD) tahun 2020 di Pancer Door, Pacitan
Doni Wijanarko, Ketua Core Team Pacitan memberikan pengarahan kepada Peserta Word Clean Day (WCD) tahun 2020 di Pancer Door, Pacitan (Foto oleh Yusuf Mukib)

 
Lensakota.com, PACITAN - Puluhan relawan yang tergabung dalam berbagai komunitas ikut serta memeriahkan momen Hari Bersih Sedunia atau disingkat WCD, Sabtu (19/9).
Diketahui World Clean Up Day (Hari Bersih Sedunia) pada tahun ini diikuti oleh 49 Komunitas yang tersebar di berbagai titik tempat yang telah dipetakan. Pantai Pancer Door merupakan satu dari berbagai titik tempat yang dibersihkan dan sekaligus menjadi pusat kepanitiaan. 

"Meguru Penyu merupakan tema yang diangkat oleh Core Team Kabupaten Pacitan pada WCD tahun ini. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus pencemaran sampah di air laut sehingga dapat mengancam biota di dalamnya. Hewan Penyu dipilih karena di pesisir Pantai Pancer Door merupakan tempat berkembang biak dan menetasnya telur-telur penyu. Hal itu sekaligus sebagai pemberitahuan kepada masyarakat untuk selalu menjaga keberlangsungan hidup penyu di Pancer. Pada sore harinya juga dilaksanakan pelepasan Tukik ke di bibir pantai Pancer sebagai upaya pelestarian biota laut tersebut", ujar Doni Wijanarko sebagai ketua Core Team Kabupaten. 
"Dari terselenggaranya World Clean Up Day tahun ini semoga masyarakat lebih aware dan mempunyai tanggungjawab lebih untuk menjaga lingkungan sekitar. Dengan kesadaran dan kepedulian melakukan pilah dan olah sampah yang baik maka diharapkan memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan sekitar", ungkap Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan tersebut. 

Dalam kesempatan wawancara, Doni juga berharap semoga kolaborasi pemerintah dengan Komunitas dan aktivis lingkungan di kabupaten Pacitan tidak cukup di WCD saja, akan tetapi semoga selalu bersinergi dan mampu membuat program yang dapat dilakukan secara berkelanjutan. (Red)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4