Ads Right Header

Buy template blogger

BUMDes Sarono Mulyo Desa Sanggrahan Raih Juara 5th Runner Up Good Corporate Governance Category BUMDES Award 2020

Lensakota.com, PACITAN - BUMDes Sarono Mulyo terpilih sebagai juara 5th Runner Up Good Corporate Governance Category BUMDES Award 2020. Penganugerahan ini dilaksanakan pada tanggal 11 November 2020 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

BUMDes Sarono Mulyo merupakan salah satu BUMDes yang ada di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, tepatnya berada di Desa Sanggrahan. BUMDes ini bergerak di sektor pertanian, perkebunan, jasa keuangan dan perdagangan. BUMDes Sarono Mulyo ini mampu menangkap peluang usaha meskipun wabah covid-19 masih menghantui.

Peluang usaha yang mampu dikembangkan BUMDes Sarono Mulyo adalah sektor budidaya pertanian porang. Jenis tanaman porang ini bisa dikategorikan tumbuhan umbi-umbian beracun yang nilainya kurang bermanfaat. Beberapa kelebihan tumbuhan porang ini adalah bisa tumbuh di berbagai tempat khususnya di Desa Sanggrahan. Berbagai penelitian dan pengembangan tumbuhan porang ini bisa diolah sebagai sumber bahan pangan baru bahkan sebagai komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. 

BUMDes Sarono Mulyo dalam hal ini bisa menangkap peluang tersebut sebagai upaya memberdayakan petani porang Desa Sanggrahan dan peningkatan kontribusi PADes. Sektor usaha ekonomi produktif sangat penting bagi keberlangsungan ketahanan ekonomi nasional. 

Beberapa penggerak ekonomi masyarakat saat ini banyak yang tidak mampu bertahan bahkan lumpuh total disaat wabah covid-19 melanda dunia. Refocusing kegiatan desa masih tetap mengacu kepada bidang penanggulangan bencana dan keadaan mendesak sebagai upaya pemulihan dampak yang ditimbulkan akibat wabah covid-19. Beberapa dampak wabah covid-19 adalah melemahnya sektor UMKM maupun usaha pertanian masyarakat dalam hal ini butuh sentuhan pemerintah desa sebagai upaya kongkrit pemulihan ekonomi masyarakat. 

Salah satu sektor usaha dibawah naungan pemerintah desa adalah Badan Usaha Milik Desa atau disingkat BUMDes.  Peran penting BUMDes dalam hal ini dibutuhkan ide maupun gagasan pengurus dan pengelola BUMDes guna menyejahterakan masyarakat. (Red)
Previous article
Next article

1 Comments

Ads Post 4