Ads Right Header

Buy template blogger

Bangkitkan Gairah Kepemudaan, Mahasiswa KKN UNESA Gelar Latihan Kepemimpinan Karang Taruna Desa Purworejo Pacitan

Lensakota.com, PACITAN - Sejumlah Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan untuk Karang Taruna Bina Satria, Desa Purworejo. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pacitan yang tahun ini difokuskan di Desa Purworejo, Kecamatan Pacitan.

Dalam sambutannya, Ketua KKN Kelompok 1 Kabupaten Pacitan, Muhammad Bangun Setiya menyampaikan bahwa pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Pemuda selalu identik dengan semangat dan perubahan. Begitu juga dalam hal ini karang Taruna harus menjadi promotor perubahan itu di masyarakat.
“Pemuda yang maju dan berkekuatan, adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global”, jelas Muhammad.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu (1/5), menghadirkan Mulyadi, M.Pd. selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pacitan sebagai Narasumber. Dalam kesempatan ini, ia memberikan materi pembinaan Karang Taruna sesuai amanah Perundang-undangan yang mengatur, termasuk motivasi bagaimana aktifnya peran dan fungsi Karang Taruna di masyarakat khususnya di Desa Purworejo.

Kegiatan ini semakin menarik ketika acra memasuki termin diskusi. Beberapa peserta yang merupakan anggota Karang Taruna Desa Bina satria Purworejo sharing permasalahan kepemudaan yang tengah mereka hadapi. Mereka juga meminta arahan dan masukan Narasumber terkait bagaimana menyelesaiakan permasalahan hingga program kerja apa yang perlu direalisasi.

Pada kesempatan yang sama, Syamsudin selaku pendamping KKN kelompok 1 Kabupaten Pacitan yang sekaligus Sekretaris Desa Purworejo menyambut gembira kegiatan ini. Ia juga menerangkan jika Pemerintah Desa telah memberikan pendampingan dan dukungan pendanaan untuk Karang Karuna Bina Satria, Desa Purworejo.


KKN-UNESA ini berlangsung dari bulan Maret sampai dengan Juni 2021. Kelompok KKN-UNESA ini telah melaksanakan serangkaian program kerja yang disesuaikan dengan berbagai aspek kemanusiaan dan pengabdian di masyarakat, diantaranya pendampingan belajar anak dimasa pandemi (PEMBASMI) yang dirangkaiakan dengan TPA, Sosialisasi cuci tangan sebelum masuk rumah (CITA SEMAR), Penyuluhan pertanian, Latihan kepemimpinan pemuda, rencana revitalisasi area sumber mata air yang ada di area Njublek, Desa Purworejo serta proker lain yang tentu diharapkan kemanfaatannya terhadap masyarakat. (Red)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4