Ads Right Header

Buy template blogger

Sukses Gelar PKKMB, STKIP PGRI Pacitan Mulai Siapkan Pembelajaran Sistem Hybrid Tahun Akademik 2021/2022


Lensakota.com, PACITAN - Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pacitan (STKIP PGRI Pacitan) sukses melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang diadakan secara daring melalui platform zoom meeting ini diikuti 378 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di tanah air. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8-11 September 2021. Kegiatan pembukaan PKKMB dipimpin langsung oleh Dr. Mukodi, M.S.I. selaku Ketua STKIP PGRI Pacitan dan didampingi oleh jajaran Wakil Ketua.

Tema kegiatan PKKMB tahun 2021 ini yakni membentuk mahasiswa pendidik yang berkarakter, berilmu dan siap di era Revolusi Industri 4.0. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menyiapkan generasi yang adaptif, kreatif dan inovatif serta tetap mengedepankan karakter seorang pendidik.

“PKKMB merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan pendidikan di perguruan tinggi. Ruang dan waktu yang terbatas tentu belum dapat memberikan pemahaman menyeluruh, untuk itu mahasiswa baru diharapkan aktif dalam setiap kegiatan akademik maupun nonakademik yang dilaksanakan usai PKKMB”, Tutur Eny Setyowati, M. Pd. selaku ketua pelaksana PKKMB tahun 2021.

Eny juga menegaskan bahwa kegiatan ini harus tetap dilaksanakan meskipun masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan mengambil opsi untuk mengadakan kegiatan secara daring.

Mahasiswa baru tampak antusias dan penuh semangat selama mengikuti PKKMB yang dilaksanakan secara daring ini. Hal ini dapat dilihat dari respon kepuasan mahasiswa baru yang dilaporkan Tim Monev PKKMB tahun ini mendapat respon baik dan sangat baik pada beberapa aspek diantaranya pelayanan PKKMB secara umum panitia (99,7%), Pelayanan administrasi selama PKKMB (99,8 %), Efektifitas pelaksanaan PKKMB secara daring (72,9 %), dan pemahaman seluk beluk Perguruan Tinggi mendapatkan angka (96,15 %) . Adapun tingkat kelulusan mencapai 98,15% yakni sebanyak 371 peserta dinyatakan lulus, dengan 6 peserta lulus bersyarat, dan hanya satu peserta tidak lulus. Yentu ini merupakan hasil yang baik dan perlu dipertahankan serta ditingkatkan lagi. 

Ketua STKIP PGRI Pacitan dalam sambutan penutupan kegiatan PKKMB menghimbau segenap tenaga pendidik dan kependidikan menciptakan suasana belajar yang enjoyfull learning, penuh keramahan, penuh kebahagiaan, kesenangan, menuju ma’anajah wanafi’ah. Dr. Mukodi, M.S.I. juga menegaskan bahwa pembelajaran dalam situasi pandemi ini akan dilakukan dengan hybrid/blended learning, perpaduan antara tatap muka dan tatap maya. Hal ini dilakukan untuk kebaikan semua pihak dan ikhtiar memotong mata rantai penularan virus Covid 19. Dalam kesempatan ini juga dikukuhkan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. (Red)

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4