Ads Right Header

Buy template blogger

Semakin Berkemajuan, ISIMU Pacitan gelar Webinar Nasional



Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Muhammadiyah (ISIMU) Pacitan mengadakan Webinar Nasional pada hari Rabu, 31 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari kerjasama prodi Bahasa Arab yang tergabung dalam asosiasi prodi PBA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Muhammadiyah (PTKIM) se Indonesia.

Acara dibuka pukul 08.30 WIB oleh MC Ecca Oktaviani dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh saudara Ann Farid Fatkurrohima, Mahasiswa PBA semester 3. Wakil Rektor ISIMU Pacitan M. Choirul Hudha, M.A turut hadir dalam acara ini dengan memberikan sambutan di pembukaan.



Kegiatan Webinar ini mengusung tema “Lancar berbahasa Arab Lisan dan Tulisan” dimoderatori oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab ISIMU Pacitan Ibu Itsnaini Muslimati Alwi, S.Pd, MA dengan Narasumber Bapak Dr. Abdul Munir, M.Pd.I selaku Kaprodi PBA Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima, Nusa Tenggara Barat sebagai Narasumber pertama dan Bapak Amran AR, M.Pd.I selaku Kaprodi PBA IAIM Sinjai, Sulawesi Selatan sebagai Narasumber kedua.

Dalam kesempatan ini Narasumber pertama menyampaikan materi tentang Mahir Berbahasa Arab secara Lisan. Tahapan yg harus dikuasai diantarany adalah memperkaya perbendaharaan kosa kata, ungkapan kalimat/paragraf, perbanyak mendengar dan juga praktik bicara, ungkapkan apa yang dilihat, dan ambil setiap kesempatan untuk tampil berbicara Bahasa Arab, tutur Bapak Dr. Abdul Munir, M.Pd.I.

Sementara narasumber kedua memfokuskan pembahasan pada Mahir Berbahasa Arab secara Tulisan. Dalam hal ini terdapat 3 tahapan (marhalah), yaitu (1) marhalah ibtidaiyah (tahapan pemula) yang meliputi menulis dengan kosa kata (mufrodat) yang telah diketahui, (2) marhalah i'dadiyah (mutawassithah) atau tahapan pertengahan yang meliputi menulis hal yang didengar serta mengembangkan tulisan dengan melihat referensi majalah, koran, atau lainnya, (3) marhalah tsanawiyyah (tahap lanjutan) yaitu mampu menulis berbagai tema kajian yang berkaitan tentang sosial, ekonomi, politik, dan lainnya. Tutur Bapak Amran AR, M.Pd.I

Event ini berjalan dengan khidmah dan sesuai dengan yang diagendakan. Partisipan dalam kegiatan ini sebanyak 234 peserta dari kalangan umum dan akademisi (guru, mahasiswa, dosen, dan lainnya). Animo peserta webinar begitu tinggi, sehingga pada sesi tanya jawab berjalan dengan interaktif. Dengan diadakannya kegiatan seperti ini saya berharap bisa mengenalkan prodi PBA lebih dekat kepada masyarakat khususnya masyarakat Pacitan, karena prodi ini merupakan satu-satunyanya prodi di Kabupaten Pacitan. Tutur Ibu Itsnaini, M.A selaku Ketua pelaksana kegiatan.
Previous article
Next article

1 Comments

Ads Post 4