Ads Right Header

Buy template blogger

HMI Pacitan Audiensi ke KPU Pacitan, Kaji Kebijakan Pemilu 2024

Lensakota.com, PACITAN -.Babak baru kajian HMI Pacitan mengenai kebijakan dapil dan alokasi kursi pemilu 2024 berlanjut ke meja audiensi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan.
Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Pacitan, audiensi dihadiri oleh Sulistyorini, Ketua Komisioner KPU Pacitan dan Agus Susanto, Komisioner KPU Pacitan (Selasa, 4 April 2023)

Audiensi ini menjadi yang kedua, lanjutan dari adanya audiensi HMI Pacitan ke Bawaslu pada 26 Maret 2023. Berbeda dengan audiensi ke sebelumnya, yang mempertanyakan pengawasan proses pembentukan dapil dan alokasi kursi, audiensi ke KPU Pacitan secara langsung memperjelas bagaimana proses lahirnya dapil dan alokasi kursi oleh KPU Pacitan dan hal-hal lain yang berkaitan.

Proses pelaksanaan pemilu, seperti penentuan dapil hendaknya melibatkan partisipasi aktif masyarakat.
Ari Cahyono, Ketua HMI Pacitan menuturkan, audiensi ini menjadi peran aktif HMI dalam mengawal proses pemilu yang partisipatif dan demokratis.

"Tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu saat ini harus terus dikawal supaya menciptakan pemilu yang berlandaskan atas kepentingan rakyat bukan penguasa", jelas Ari.

Audiensi tersebut berfokus dalam pembahasan dalam pelaksanaan PKPU No. 6 Tahun 2023 tentang penetapan dapil dan alokasi kursi dan PKPU No. 8 Tahun 2023 pembentukan dan tata kerja badan adhoc
"Bagi kami, perlu adanya pemahaman dari multisektor mengenai kedua aturan tersebut agar dapat melaksanakan pemilu dengan baik. Selain itu kami berharap agar KPU getol dalam mensosialisasikan hal tersebut", pungkas Mahasiswa STKIP PGRI tersebut.

Adanya audiensi ini, Sulistyorini berharap menjadi titik balik dalam menguatkan kepedulian masyarakat terhadap kepemiluan. Saya berharap kajian dan diskusi oleh mahasiswa berguna dalam merawat demokrasi di Pacitan. (Red)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4