Ads Right Header

Buy template blogger

Manfaatkan Limbah Durian Menjadi Jenang, Mahasiswa STKIP Pacitan Gelar Pelatihan Ke Warga

Lensakota.com, PACITAN - Kulit durian sebagai sisa konsumsi yang selama ini tidak memiliki nilai guna menjadi berbeda dihadapan Mahasiswa STKIP Pacitan. Mahasiswa yang tengah bertugas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nawangan melakukan terobosan dengan membuatnya menjadi jenang. Pembuatan jenang tersebut kemudian diajarkan kepada Ibu-ibu di Desa Nawangan dalam kegiatan "Pelatihan Pembuatan Jenang Olahan Kulit di Durian Dusun Kasihan" (Rabu,8/3/23).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian tim KKN 6 STKIP Pacitan dalam memberikan inovasi produk pangan lokal. Risma, pemateri dalam pelatihan tersebut menyampaikan, pelatihan ini menjadi merupakan realisasi daya kreatif mahasiswa untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Selain itu, pemanfaatan kulit durian menjadi makanan, merupakan satu upaya dalam mengurangi limbah makanan" tuturnya.

Dengan adanya kegiatan, harapannya tidak hanya menjadi sekedar formalitas saja, ibu-ibu yang telah diberi ketrampilan harus menerapkanya dirumah dan mengembangkannya. 

"Semoga ibu-ibu akan terus belajar dan mengembangkan produk ini dirumah. Hal ini karena bila ini dijadikan produk UMKM cukup potensial, oleh karenanya sangat wajib untuk dikembangkan", ungkap Risma.

Risma menambah, jenang kulit durian ini juga dapat menjadi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Ibu balita di setiap Posyandu, sehingga ini juga dapat berperan dalam memenuhi gizi balita agar terbebas dari stunting yang menjadi masalah di Desa Nawangan. (Red).


Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4