Ads Right Header

Buy template blogger

Atasi Isu Sampah, World Clean Day (WCD) Pacitan Terjunkan 5000 Relawan

Lensakota.com, PACITANWorld Clean Up Day (WCD) Pacitan yang terlaksana pada bulan September ini telah berhasil menggerakkan 5000 relawan untuk melakukan aksi kebersihan serentak ke berbagai wilayah di Pacitan. Relawan tersebut berada dari berbagai elemen seperti organisasi masyarakat, organisasi perangkat daerah, mahasiswa, sekolah dan komunitas lingkungan.

Kegiatan dengan titik utama Clean up di Pantai Pancer Door tersebut, secara seremonial dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Efi Indrata Nur Bayu Aji (Minggu, 17/9/2023).

Istri Bupati Pacitan itu berpesan bahwa aksi clean up bukanlah solusi akhir persoalan sampah, akan tetapi perlu adanya program aksi yang berkelanjutan.
"Saya senang sekali bilamana kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan satu tahun sekali, melainkan rutin diselenggarakan namun dengan konsep yang berbeda", tuturnya.

Ivud, Ketua WCD 2023 melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Pancer Door telah berhasil memungut sampah seberat 370 Kg. Sampah-sampah tersebut didominasi oleh plastik dan sisa makanan. 

Yusuf Mukib, relawan WCD menyampaikan tergeraknya sejumlah ribuan relawan ini menjadi bukti bahwa masyarakat masih peduli terhadap isu sampah di Pacitan, apalagi sampah di Pantai yang dapat merusak ekosistem laut. Pantai Pancer Door seolah-olah menjadi pantai dengan ombak sampah.

"Pada tahun 2050 nanti, peneliti telah memprediksi bahwa biota laut akan musnah lalu digantikan oleh sampah plastik. Bagaimana nasib Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua", tandasnya. (Red)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4