Ads Right Header

Buy template blogger

Sungai maroon lebih Indah dari Amazon, Destinasi Wisata Pacitan

Sungai Maron Amazonnya Indonesia ada di Pacitan

Kabupaten Pacitan sering kali dijadikan sebagai destinasi saat berwisata. Umumnya pengunjung memilih pantai dan gua sebagai tujuan wisata alam ketika sedang berkunjung ke Pacitan. Namun sebenarnya, Pacitan tidak hanya memiliki pantai dan gua. Di sini juga terdapat sungai yang menarik untuk dikunjungi. Bagi yang tertarik berkunjung dengan perpaduan wisata sungai sekaligus langsung ke pantai nan indah yaitu di Sungai Maron

Destinasi pertama, kita bisa mencoba susur sungai di Sungai Maron. Sungai Maron terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai Maron ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Sungai Amazon.

Untuk bisa menyusuri sungai sepanjang 4,5 km ini kita perlu menyewa perahu terlebih dahulu. Selama kegiatan susur sungai akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah. Banyak pepohonan tumbuh di kanan dan kiri sungai. Air sungai yang berwarna hijau kebiru-biruan juga semakin menambah indahnya tempat ini

Pantai Ngiroboyo mungkin belum setenar obyek wisata lain di Kota 1001 Gua. Tapi tahukah Anda tempat ini tergolong istimewa? Ya, itu karena Ngiroboyo merupakan muara sungai Maron yang kerap disebut Amazonnya Pacitan.

Uniknya lagi, pantai yang menyajikan pemandangan khas Laut Selatan ini juga menjadi alternatif menikmati susur sungai dengan rute berbeda. Jika biasanya perahu motor yang membawa wisatawan berangkat dari hulu, kini alurnya dibalik, dari hilir menuju ke hulu.

Ada puluhan perahu lengkap dengan pengemudi yang siap melayani wisatawan. Dalam kondisi normal, tiap perahu dapat mengangkut hingga lima wisatawan. Hanya saja sejak masa pandemi pengelola memberlakukan physical distancing.

Jadi untuk tiap perahu hanya diisi maksimal empat orang. Dengan demikian physical distancing-nya tetap terjaga," kata Nurul Hadi Mustofa, salah seorang warga sekaligus pengusaha yang memiliki resto makan Bu Tejo yang terkenal sangat murah dengan menu istimewa, Rabu (16/2/2022).

Pesona Sungai Maroon

Sekitar setengah jam menikmati perjalanan di atas perahu, kesan sejuk pun langsung terasa. Air sungai yang jernih, pepohonan sekitar pantai menjadi pemandangan elok selama perjalanan. Belum lagi embusan angin pesisir yang kerap datang bersamaan arah perahu.

Untuk menikmati wisata susur sungai, wisatawan tak perlu merogoh kocek besar. Pengelola hanya mengenakan Rp 100 ribu tiap perahu dengan perjalanan pergi pulang sejauh tujuh kilometer. Jarak sejauh itu biasanya ditempuh dalam waktu 30 menit atau bahkan bisa lebih

"Kan ada wisatawan yang minta berhenti di beberapa spot foto untuk selfie. Pastinya main ke sini belum lengkap tanpa selfie," Jelas Tofa sapaan nya.

Puas menikmati pesona sungai Maron, wisatawan akan diajak kembali ke muara. Usai perahu mendarat, deretan kios dengan aneka menu tradisional siap menyambut. Selain makanan berat, ada pula sajian kelapa muda serta aneka minuman lain sesuai selera. Rasa lapar dan dahaga pun sirna seketika.

Di Pantai Ngiroboyo  fasilitas publik yang tersedia tampak  lengkap. Mulai tempat ibadah, toilet, hingga fasilitas pendukung protokol kesehatan semua tersedia. Area parkir pun cukup luas, mampu menampung puluhan mobil

Hamparan pasir terasa teduh seiring makin suburnya tanaman cemara udang sebagai sabuk hijau pantai. Berlama-lama di tempat ini pun tak terasa. Bahkan saat pulang selalu rindu untuk kembali datang dan mengagumi pesonanya. Pesona Ngiroboyo.

Pantai Ngiroboyo terletak di desa Sendang, kecamatan Donorojo. Untuk menjangkaunya, wisatawan dapat mengambil jalur Punung-Gua Gong- Sendang. Jalan mulus beraspal membuat perjalanan terasa lebih singkat. Setibanya di pertigaan desa Sendang, ada sebuah rambu yang akan memandu wisatawan hingga ke lokasi.

Lepas dari jalan raya, kendaraan lalu masuk ke jalan desa sejauh 2 kilometer. Meski ada lubang kecil di sejumlah ruas, namun secara umum akses menuju lokasi cukup aman dan lancar. Yang penting diperhatikan justru keharusan patuh protokol kesehatan. Mulai dari cek suhu tubuh, cuci tangan, hingga pakai masker dan jaga jarak.

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4