Ads Right Header

Buy template blogger

Melalui Program Sahabat, MDMC Pacitan Maksimalkan Kemampuan dan Keterlibatan Masyarakat dalam Respon Bencana dan Penangan Covid-19

Lensakota.com, PACITAN - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Pacitan melaksakan pelatihan dan pembekalan Koordinator Relawan di Sea View Teleng Ria Pacitan (23/02). Pelatihan ini terkait dengan respon darurat bencana dan pelibatan masyarakat dalam penanganan covid-19. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program Sahabat, yang merupakan hasil kerja sama dengan SIAP SIAGA Palladium dan DFAT Australia.

Acara tersebut diikuti oleh MDMC, PDM, BPBD, Fasilitator Desa Program Sahabat, dan Koordinator Relawan dari 5 Desa.


 20 koordinator Relawan yang terdiri dari berasal dari 5 Desa Pilot Project yakni Desa Donorojo,  Desa Pringkuku,  Desa Mentoro,  Desa Purworejo,  dan Desa Gembuk. Sedangkan unsur Koordinator relawan tersebut meliputi Relawan Muhammadiyah,  Perangkat Desa,  Babinsa, dan Babinkamtibmas. 

Kegiatan ini memiliki tujuan yakni mensinergikan berbagai lapisan masyarakat dalam penanganan bencana pada masa pandemi Covid-19. 


Melalui kegiatan ini, seluruh Koordinator dapat memahami perannya serta jeli dalam penggalian data di lapangan.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Manajer Area Program Sahabat Kabupaten Pacitan pada sambutannya.
"Program Sahabat merupakan program penanggulangan bencana yang nantinya menggalang data dan informasi sebagai dasar membuat tindakan penanggulangan bencana", jelas Catur Wahyono.
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Post 4